Pengertian Sistem Ekonomi dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Negara dalam menjalankan kegiatan ekonominya pasti membutuhkan cara-cara tertentu agar dapat berlangsung dengan baik. Keberlangsungan kegiatan ekonomi ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya. Oleh sebab itu negara perlu untuk mengupayakan agar perekonomiannya berjalan dengan stabil.

Salah satu caranya adalah dengan menjalankan sistem ekonomi yang sesuai atau cocok dengan negaranya.

Apakah sistem ekonomi itu? Mari kita bahas lebih mendalam tentang sistem ekonomi.

pengertian sistem ekonomi

Sesuai dengan artinya, kata sistem merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen sehingga mampu menjadi penggerak sesuatu yang lebih besar di atasnya.

Sistem ekonomi merupakan sebuah cara yang diyakini dan dianut oleh suatu bangsa untuk menjaga dan menjalankan perekonomian nasional agar tetap berjalan baik.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan sistem ekonomi sebagai berikut:

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Mc. Eachren

Mc. Eachren mengartikan sistem ekonomi sebagai seperangkat mekanisme dan institusi yang mampu menjawab pertanyaan tentang apa, mengapa dan bagaimana suatu barang diproduksi.

Menurut Mc. Eachren ini sistem ekonomi lebih dekat dengan kegiatan produksi.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Gilarso

Gilarso memberikan pandangan bahwa sistem ekonomi merupakan keseluruhan tata cara yang digunakan untuk mengkoordinasikan perilaku masyarakat (produsen, konsumen, distributor, pemerintah, bank, dan lainnya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan lainnya) sehingga semua itu dapat menjadi sebuah kesatuan yang dinamis dan terhindar dari adanya kekacauan.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Gregory Goosman dan Manu

Gregory Goosman dan Manu mendefinisikan Sistem Ekonomi Sebagai sekumpulan komponen yang memuat unsur-unsur ekonomi yang terdiri dari unit-unit dan agen ekonomi dan juga lembaga-lembaga ekonomi yang ikut dalam suatu sruktur tertentu yang saling menopang dan mempengaruhi.

Pengertian ini lebih menitik beratkan bahwa sistem ini merupakan gabungan dari beberapa unit ekonomi yang mampu dimanfaatkan dalam satu kesatuan.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Dumatry

Dumatry memiliki penjabaran yang berbeda, sistem ekonomi menurutnya adalah suatu sistem yang fungsinya mengatur dan terjalinnya hubungan ekonomi antar sesama manusia dengan lembaga-lembaga dalam suatu ketahanan ekonomi.

Dumatry ini memberikan penjelasan tentang definisi sistem ekonomi yang agak kompleks dan menyeluruh. Pada intinya sistem ini adalah sistem tentang menjaga/mencapai kesejahteraan masyarakat.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Chester A Bermand

Selanjutnya ada Chester A Bermand yang mengartikan sistem ekonomi sebagai suatu kesatuan yang terpadu dan holistik dimana setiap bagian memiliki bagiannya masing-masing.

Bermand ini menyoroti terkait bagaimana sebuah sistem ekonomi ini mampu menggerakkan kegiatan masyarakat dan negara, dimana seperti yang disampaikannya, yaitu setiap bagian memiliki bagiannya masing-masing.

Simak Juga Macam-macam sistem ekonomi LENGKAP
Dari definisinya oleh para ahli di atas, dapat kita peroleh kesimpulan bahwa sistem ekonomi merupakan cara-cara yang ditempuh oleh suatu negara yang digunakan untuk menggerakkan faktor produksi untuk menghasilkan barang yang selanjutnya akan dikonsumsi demi kesejahteraan masyarakat.

Sistem ekonomi ini juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ekonomi, dan juga dapat digunakan untuk menjaga stabilitas ekonomi suatu negara.

Sistem ekonomi ini terbentuk sejak era pemikiran ekonomi muncul. Pemikiran ekonomi yang dicetuskan oleh para ahli sekaligus merupakan titik tumpu lahirnya sistem-sistem ekonomi yang selanjutnya berkembang dan diadopsi oleh negara-negara lain untuk menyelesaikan permasalahan ekonominya atau untuk memperoleh jati diri ekonomi negaranya.

Dengan pemaknaan yang demikian, maka kita telah memiliki gambaran tentang bagaimana peran pentingnya sistem ekonomi terhadap suatu bangsa.

Tidak ada negara yang tidak melakukan kegiatan ekonomi. Selama mereka melakukan kegiatan ekonomi, maka negara tersebut memerlukan suatu sistem ekonomi yang dianut/dipercaya dapat membawa kemajuan perekonomian bagi negaranya.

Fungsi Sistem Ekonomi dalam Perekonomian negara

Fungsi sistem ekonomi dapat dijabarkan secara rinci sebagai berikut:
  1. Sebagai alat mengkoordinir kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  2. Sebagai penyedia motivasi untuk melakukan produksi.
  3. Digunakan untuk menciptakan suatu mekanisme agar distribusi barang/jasa berjalan lancar.
  4. Mengatur pembagian hasil produksi pada seluruh masyarakat agar merata.
Begitu pentingnya fungsi sistem perekonomian ini sehingga suatu negara harus memilih bentuk sistem ekonomi yang tepat dan menjalankannya dengan penuh tanggung jawab atas kemakmuran rakyatnya.

Kesimpulan akhir yang dapat kita peroleh yaitu dalam menjalankan roda perekonomian, negara memiliki kewajiban untuk menjamin kemakmuran rakyatnya dengan cara menyediakan sistem ekonomi yang sesuai.

Tidak dibenarkan jika negara hanya menjalankan sistem ekonomi yang menguntungkan para penguasa (pemilik modal) tetapi justru menyengsarakan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment