Pembagian Ilmu Ekonomi Menurut Pakar Ekonomi LENGKAP!!

Mempelajari ilmu ekonomi kita seyogiyanya juga menilik tentang sejarah dan perkembangan ilmu ekonomi. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui secara lebih detail tentang asal usul dan pembagian ilmu ekonomi. Mengetahui asal usul akan mempermudah kita dalam memahami setiap teori dan ruang lingkup masing-masing ilmu.

Untuk lebih jelasnya, mari kita mulai kupas satu persatu pohon keilmuan ilmu ekonomi berserta percabangannya.

Pembagian Ilmu Ekonomi Menurut Alfred W. Stonier

Pembagian ilmu ekonomi
Alfred W. Stonier dalam penjelasannya menjabarkan bahwa ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 golongan:

1. Ilmu ekonomi deskriptif

Ilmu ekonomi ini bertugas mendeskripsikan dan menjelaskan atas data-data yang terjadi tentang peristiwa perekonomian.

2. Teori ekonomi

Ilmu ekonomi ini memberikan penjelasan tentang cara suatu sistem ekonomi bekerja dan juga sekaligus ciri-ciri dari sistem ekonomi tersebut. Teori ekonomi jika ditinjau dari luas ruang lingkup pembahasannya, maka dibagi menjadi:

Ekonomi mikro

Ekonomi mikro ini mempelajari tentang bagaimana perilaku konsumen dan perusahaan dapat mempengaruhi harga produk. Lebih detail ekonomi mikro membahas tentang teori konsumsi, teori produksi dan harga, kesejahteraan ekonomi, ekonomi keuangan, organisasi industri dan perdagangan internasional.

Ekonomi makro

Ekonomi makro mempelajari tentang keterkaitan seluruh aktivitas ekonomi yang meliputi pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, ekspor dan impor, serta kebijakan pemerintah dibidang perekonomian. Kajian ekonomi makro antara lain hutang luar negeri, krisis nilai tukar, kemiskinan dan pemerataan pendapatan, pengangguran, inflasi, perbankan dan kredit.

3. Ilmu ekonomi terapan

Ilmu ekonomi yang mempergunakan kerangka dasar umum yang dipadukan dengan analisis dari teori ekonomi untuk menerangkan sebab dan arti pentingnya suatu kejadian yang dilaporkan oleh ahli ilmu ekonomi deskriptif.

Simak Juga Pembahasan Tentang Motif Ekonomi dan Macam-macamnya
Dari pembagian Stoner di atas nampak jelas bahwa ilmu ekonomi ini walau pun identik dengan angka, tetapi tidak selalu berkutat dengan angka.

Ada beberapa peristiwa yang terjadi dan kemudian dianalisis oleh ahli ilmu ekonomi deskriptif. Namun tentunya ketiganya ini saling berkaitan dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

8 Cabang Ilmu Ekonomi

Dari pengelompokan pohon keilmuan seperti di atas, selanjutnya mari kita lihat 8 cabang ilmu ekonomi:
  1. Ilmu ekonomi moneter, Ekonomi moneter membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Serta keterkaitan hal lainnya seperti inflasi, jumlah uang beredar dan tingkat suku bunga.
  2. Ilmu ekonomi publik, Ilmu ekonomi publik membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Dalam hal ini kita mengenal APBN, APBD, utang pemerintah, pajak dan retribusi.
  3. Ilmu ekonomi industri, Ilmu ini membahas tentang interaksi perusahaan dalam suatu industri. Interaksi tersebut dapat berkaitan dengan persaingan usaha, kinerja perusahaan atau kartel.
  4. Ilmu ekonomi internasional, Ilmu ekonomi internasional membahas tentang kegiatan perekonomian antar bangsa atau antarnegara. Seperti transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara serta neraca pembayaran.
  5. Ilmu ekonomi regional, Ilmu ekonomi regional membahas tentang interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah yang berkaitan dengan perekonomiannya.
  6. Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA), Ilmu ekonomi SDA membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Sebagai contoh eksternalitas positif dan negatif.
  7. Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM), Ilmu ini membahas faktor produksi tenaga kerja. Seperti masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.
  8. Ilmu ekonomi syariah, Tujuan dari ilmu ekonomi Syariah untuk menerapkan ekonomi Islam. Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba pada perekonomian dan zakat.

0 comments:

Post a Comment