Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia dan Contohnya

Pada Pembahasan Sebelumnya blog materiekonomikelas-x.blogspot.co.id telah membahas tentang Pengertian Kebuhan, keinginan dan skala prioritas. Nah.. Dalam artikel ini akan dibahas Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan dan Contohnya.

Dalam memenuhi kebutuhan, pasti kita akan bersinggungan dengan alat pemuas kebutuhan. Dari analisis kalimatnya saja kita dapat menyimpulkan bahwa alat tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang membutuhkannya.

Alat pemuas kebutuhan ini biasa diasumsikan dalam bentuk barang/jasa dan terdiri dari beberapa klasifikasi:

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan dan Contohnya 

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan wujudnya

  1. Benda konkret (barang): benda ini bersifat dapat dilihat, dapat diraba, dapat dirasakan. Alat pemuas semacam ini biasa kita sebut sebagai barang, karena sifatnya yang dapat dilihat secara fisik kebendaannya. Contohnya: makanan, minuman, tongkat pemukul bola.
  2. Benda abstrak (jasa): benda pemuas ini sifatnya tidak dapat dilihat, tidak dapat dipegang namun dapat dirasakan. Dengan sifatnya yang demikian maka benda pemuas ini biasanya bersifat jasa. Contoh: seseorang yang rambutnya sudah panjang dan ingin merapikan rambut dia mendatangi tukang potong rambut, maka jasa tukang potong rambut inilah yang disebut sebagai benda abstrak.

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan cara memperolehnya

  1. Benda ekonomi: benda ini jumlahnya terbatas, jika kita ingin mendapatkannya harus melalui pengorbanan terlebih dahulu. Pengorbanan ini artinya adalah jika kita menginginkan barang tersebut, harus diganti dengan sejumlah uang. Contoh: membeli makanan di kantin, tabung oksigen bagi orang yang sakit di rumah sakit, membeli buku di toko buku.
  2. Benda bebas: benda yang sifatnya tidak perlu pengorbanan jika menginginkannya. Benda ini biasanya tersedia bebas di alam, dan kita boleh memanfaatkannya dengan cuma-cuma. Contoh: udara, air hujan, air laut.
  3. Benda Illith: alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya berlebihan dan dapat menimbulkan potensi kerusakan. Contoh: air hujan yang terus-menerus dan mengakibatkan banjir, api yang terlalu besar menimbulkan kebakaran, angin yang terlalu kencang akan menimbulkan puting beliung.

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan tujuan penggunaannya

  1. Benda konsumsi: alat pemuas kebutuhan yang bisa langsung dipergunakan tanpa harus melalui proses pengolahan (produksi). Contoh: buah-buahan di alam yang dipetik langsung dimakan, batu di sungai yang digunakan untuk menggosok badan.
  2. Benda produksi: alat pemuas kebutuhan yang tidak dapat digunakan secara langsung, jika kita ingin memanfaatkannya alat pemuas tersebut harus melalui proses pengolahan (produksi). Contoh: padi yang dimasak menjadi nasi, gandum yang diolah menjadi roti.

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan hubungannya dengan benda lain

  1. Benda pelengkap (komplementer): alat pemuas kebutuhan ini dapat dipergunakan secara maksimal apabila penggunaannya dilengkapi dengan barang yang lainnya. Misalnya: kita menggunakan sepatu olah raga dengan menggunakan kaos kaki terlebih dahulu, minum kopi dengan mencampurkan gula, kita makan menggunakan sendok dan supaya lebih mudah juga mempergunakan garpu.
  2. Benda pengganti (substitusi): alat pemuas kebutuhan ini dapat dipergunakan sebagai pengganti benda lain jika benda lain tersebut keberadaannya tidak ada. Contoh: ketika tidak ada ballpoint kita dapat menulis dengan pensil di kertas, saat kita membutuhkan alas kaki jika tidak ada sandal maka dapat diganti dengan sepatu.

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan proses pembuatannya

  1. Benda mentah: benda ini merupakan benda yang belum mengalami proses produksi apapun, benda ini dipergunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan suatu benda lain. Contoh: kayu di hutan sebagai bahan baku pembuatan meubel, buah-buahan diolah untuk dibuat es jus atau kue.
  2. Benda setengah jadi: alat pemuas kebutuhan yang sudah mengalami proses produksi namun masih belum mampu untuk dikonsumsi, artinya harus melalui tahapan proses produksi lainnya lagi. Contoh: lembaran kain merupakan benda setengah jadi karena kain harus dijahit untuk bisa menjadi pakaian.
  3. Benda jadi: alat pemuas kebutuhan yang sudah mengalami proses produksi dan siap untuk dikonsumsi. Contoh: pakaian, nasi, sepeda motor.
Simak Juga Pembahasan Tentang Masalah Ekonomi Kasik dan Modern

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan sifatnya

  1. Benda bergerak: benda yang dapat dipindahkan, karena sifatnya ini benda ini biasanya dapat dijadikan sebagai barang untuk pinjaman bank. Misalnya: kendaraan, peralatan elektronik.
  2. Benda tidak bergerak: benda ini tidak mampu dipindahkan karena bentuknya yang sudah permanen dan menetap pada suatu tempat. Misal: rumah, tanah.

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan kualitasnya

  1. Benda superior: benda dengan kualitas paling baik/paling bagus. Contoh: mobil Ferari merupakan benda superior diantara produk mobil lainnya.
  2. Benda inferior: benda-benda yang memiliki kualitas rendah. Misal: barang bekas, barang produk imitasi.

0 comments:

Post a Comment