10 Karakteristik Sistem Perekonomian Indonesia yang Benar

Sistem perekonomian Indonesia yang berbentuk demokrasi ekonomi, dianggap sebuah sistem yang paling tepat bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah berperan untuk memberikan perlindungan terhadap sumber perekonomian yang vital bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan bagi demokrasi ekonomi ini. Dengan kita berpijak pada dua landasan tersebut selanjutnya kita akan mendalami karakteristik demokrasi ekonomi ini.

Karakteristik Sistem Perekonomian Indonesia

Secara singkat, jika kita telah mengetahui dasar dari demokrasi ekonomi adalah Pancasila dan UUD 1945, maka kita dapat dengan cepat menyebutkan karakteristik sistem perekonomian Indonesia adalah sesuatu hal yang dinilai terbaik bagi masyarakat. Pancasila dengan kelima silanya menjadi pedoman yang tepat untuk kehidupan berbagsa dan bernegara.

Simak Juga Macam-macam Sistem Ekonomi dalam Ilmu Ekonomi

10 Ciri-ciri Sistem Ekonomi Indonesia

Beberapa karakteristik yang dapat kita kenali dari sistem ekonomi Pancasila yang ada di Indonesia sebagai berikut:
  1. Koperasi sebagai pemerataan hasil ekonomi pertumbuhan ekonomi.
  2. Kestabilan yang dapat mendukung kegiatan ekonomi berjalan lancar.
  3. Pihak swasta yang menyeimbangkan kinerja pemerintah dalam hal kegiatan ekonomi.
  4. Pemerintah melalui BUMN berupaya untuk mengelola dan mendistribusikan aspek peronomian yang vital bagi masyarakat.
  5. Azaz yang paling mendasar dalam demokrasi ekonomi Indonesia adalah rasa kekeluargaan dan gotong royong.
  6. Prioritas utama adalah dalam pengelolaan sumber daya ekonomi adalah kemakmuran masyarakat.
  7. Larangan atas penguasaan sumber daya alam bagi perorangan atau pihak-pihak tertentu. Dengan kata lain monopoli, oligopoli maupun praktik kartel dalam bidang pengelolaan sumber daya alam dianggap bertentangan dengan prinsip Pasal 33 UUD 1945.
  8. Perekonomian Indonesia ditopang oleh tiga pelaku utama yaitu Koperasi, BUMN – BUMD dan BUMS yang akan mewujudkan demokrasi ekonomi yang bercirikan mekanisme pasar, serta intervensi pemerintah, serta pengakuan terhadap hak milik perseorangan.
  9. Jiwa dari Pasal 33 UUD 1945 yang berlandaskan semangat sosial, menempatkan penguasaan terhadap berbagai sumber daya untuk kepentingan publik (seperti sumber daya alam) pada negara.
  10. Kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional menjadi prinsip dasar yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku ekonomi di Indonesia.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sistem perekonomian Indonesia ini memiliki karekteristik yang melindungi kepentingan rakyat demi tercapainya kemaslahatan rakyat Indonesia.

Hal ini dapat dilihat melalui adanya batasan-batasan atas kepemilikian individu agar tidak terjadi monopoli atas kepentingan masyarakat luas.

Tanpa adanya saling tindih dan saling rebut kepentingan, sudah seharusnya azaz kekeluargaan sebagai ciri utama perekonomian Indonesia mampu menghantarkan Indonesia menuju keunggulan sektor ekonomi. Demikianlah Pembahasan tentang Karakteristik Sistem Perekonomian Indonesia semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment