Faktor Utama yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya

Setelah artikel yang lalu kita telah membas tentang kebutuhan, dimana sudah sangat terlihat jelas perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Maka perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia dalam aspek kegiatan perekonomian.

Inilah 9 Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

1. Jumlah dan proporsi penduduk

Jumlah Penduduk disini yang dimaksud adalah jumlah orang dalam keluarga atau lingkungan. Sebuah Keluarga dengan jumlah orang 2 yaitu suami dan istri akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan keluarga dengan jumlah 4 orang (suami, istri dan 2 orang anak). Jadi semakin banyak orang atau penduduk maka akan semakin meningkat kebutuhannya.

2. Tingkatan usia

Kebutuhan dipengaruhi faktor umur. Hal ini bisa kita pahami berikut ini : kebutuhan seorang bayi yang baru lahir berbeda dengan kebutuhan orang dewasa. Jadi jelas bahwa setiap tingkatan umur manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

3. Tingkat pendapatan

Besar atau kecilnya pendapatan seseorang sangat berpengaruh terhadap kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang. Seseorang dengan penghasilan sedikit akan berusaha memenuhi kebutuhan yang sifatnya pokok atau kebutuhan primer saja, berbeda dengan orang dengan penghasilan banyak, mereka tidak hanya berusaha memikirkan kebutuhan pokok saja, namun mereka juga akan memenuhi kebutuhan sekunder, maupun tersier.

4. Bentang alam tempat tinggal

Bentang alam akan mempengaruhi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Perbedaan bentang alam akan mengakibatkan perbedaan dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Misalnya orang yang hidup didaerah pegunungan yang dingin mereka akan sering menggunakan baju hangat, sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai yang panas maka mereka akan sering menggunakan baju yang tipis.

5. Lingkungan sosial

Lingkungan Sosial dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan manusia, hal ini karena secara naluriah manusia condong untuk meniru tingkah laku orang-orang yang sudah menjadi kebiasaan dalam lingkungan sosialnya. Seseorang yang hidupnya ditengah-tengah lingkungan social yang elit akan memacu dirinya untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mewah sebagaimana lingkungan sosialnya.

6. Teknologi

Kemajuan Teknologi menjadi faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, kita lihat saja zaman sekarang smartphone atau HP sudah sangat dibutuhkan oleh setiap orang, hampir setiap orang zaman sekarang memiliki smartphone berbeda dengan zaman dahulu teknologi belum banyak berkembang seperti sekarang ini.

7. Agama

Agama menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, hal ini karena setiap ajaran agama memiliki tuntunan yang berbeda, misalnya orang yang beragama islam tidak boleh makan daging babi, adanya larangan ini mengakibatkan konsumsi daging babi dikalangan umat islam rendah, berbeda dengan agama non Kristen yang membolehkan mengkonsumsi daging babi, tentu pemenuhan kebutuhan terhadap daging babi lebih tinggi.

8. Adat istiadat

Mengapa adat istidat dapat mempengaruhi kebutuhan manusia? Adat istiadat mempengaruhi manusia dalam pemenuhan kebutuhannya karena adat istiadat mempengaruhi perilaku dan tujuan hidup dari masyarakat yang hidup di tempat tersebut. Karena adat istiadat yang dimiliki setiap daerah berbeda-beda sehingga membuat kebutuhan yang harus dipenuhi juga berbeda-beda. Misalnya saja, Upacara pernikahan yang dilakukan dengan adat orang jawa pasti berbeda dengan upacara pernikahan yang dilakukan dengan adat orang aceh, hal ini mengakibatkan kebutuhan yang harus dipenuhi juga berbeda

9. Akulturasi budaya

Salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah kebdayaan. Adanya perbedaan kebudayaan dalam setiap tempat menyebabkan terbentuknya pola perilaku dan kebiasaan yang berbeda, sehingga menimbulkan perbedaan dalam pemenuhan kebutuhan.

Simak Juga Pembahasan tentang Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia
Faktor-faktor di atas merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap penentu kebutuhan Manusia terutama dalam kajian ilmu ekonomi makro. Dalam melaksanakan pemenuhan kebutuhan sejumlah kelompok/masyarakat, produsen harus menganalisis seluruh faktor di atas sehingga mampu menyediakan barang yang tepat dan jumlahnya juga sesuai dengan masyarakat yang membutuhkan.

Demikianlah Pembahasan mengenai Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia, semoga materi ekonomi yang dijelaskan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Post a Comment