Pengertian Biaya Peluang Menurut 3 Pakar Ahli Ekonomi

Dalam mempelajari ekonomi, kita akan dihadapkan dengan kosa kata penuh dengan makna perekonomian. Salah satunya adalah biaya peluang, atau yang juga dikenal dengan oportunity cost. Sahabat, dalam artikel ini akan dibahas tentang pengertian biaya peluang, cara menghitung biaya peluang dan contoh biaya peluang dalam kehidupan kita.

Pengertian Biaya Peluang Dalam Ilmu Ekonomi

pengertian biaya peluang

Biaya peluang menurut penjelasan dari para ahli, sebagai berikut:
  • N. Gregoru Mankiw menyebutkan bahwa biaya peluang adalah segala hal yang wajib kita korbankan agar kita dapat memperoleh sesuatu.
  • Robert B. Ekelund, Jr dan Robert D. Tollison memberikan penjelasan bahwa biaya peluang merupakan biaya penggunaan sumber daya ekonomi yang tidak jadi diperoleh dikarenakan kita memilih alternatif yang lain.
  • Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus menyebutkan biaya peluang merupakan nilai barang ataupun jasa yang paling berharga yang hilang.
Dari penjelasan para ahli di atas tentang pengertian biaya peluang, maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa biaya peluang ini adalah biaya yang harus kita korbankan karena kita memilih untuk menggunakan cara lain untuk mendapatkan barang yang lain.

Artinya, biaya peluang ini hanya mengacu pada cara kita mendapatkan satu benda dengan kerelaan melepas benda yang lain.

Simak Juga Pembahasan Tentang Macam - macam alat pemuas kebutuhan manusia

Metode Menghitung Biaya Peluang

Terdapat dua cara untuk menghitung biaya peluang ini:
  1. Jika ada 2 pilihan, biaya peluang dapat diihitung dari nilai peluang yang tidak dipilih atau yang dikorbankan.
  2. Jika terdapat lebih dari 2 pilihan, maka biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang terbaik yang dikorbankan.
Dalam kegiatan sehari-hari kita sering sekali mengalami peristiwa yang mengaplikasikan biaya peluang ini.

Misalnya saat kita sedang berada di toko buku, kita memiliki uang Rp. 50.000. Dengan uang tersebut kita akan memperoleh buku pelajaran ekonomi yang sedari dulu ingin kita beli. Namun pada kesempatan yang sama, ternyata kita melihat buku lainnya yang cukup bagus dan menarik minat kita untuk membeli. Namun harga buku tersebut Rp. 40.000.

Saat itu kita dihadapkan pada dua pilihan yang sulit. Dengan hanya membawa uang Rp. 50.000 kita harus betul-betul mempertimbangkan bagaimana agar dapat memperoleh buku, tetapi permasalahannya adalah buku yang mana? Karena kesempatan kita hanya satu buku saja.

Jika kita memilih untuk membeli buku ekonomi, maka biaya peluang kita adalah Rp. 40.000. Itu adalah harga buku lainnya yang kita tinggalkan.

Dalam memperhitungkan biaya peluang ini ada baiknya jika kita menerapkan pola pikir tentang skala prioritas. Lebih baik kita dahulukan mana yang betul-betul menjadi kebutuhan kita yang paling mendesak, kemudian baru melangkah untuk barang lainnya jika kita sudah memiliki sumber daya lainnya. Demikianlah pembahasan tentang pengertian biaya peluang dan hal-hal terkat biaya peluang yang dapat kami sampaikan dalam artikel ini, semoga membantu.

0 comments:

Post a Comment